Skip to content

PELANGGARAN TATA KOTA

November 4, 2011

PELANGGARAN TATA KOTA

Banyaknya  proyek perumahan dan kawasan industri di daerah Puncak, Bogor dan Cianjur yang dibangun diluar batas kasiba dan isiba menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, banyak pembangunan perumahan maupun pabrik yang melanggar tata kota di wilayah Jabodetabek karena menggunakan lahan hijau atau wilayah resapan air.

Akibat dari pembangunan proyek tersebut,  kiriman air dari anak-anak sungai yang berasal dari Bogor, Puncak dan Cianjur tidak bisa diserap oleh tanah dan akhirnya meluncur mengenai rumah warga. Selain itu sampah yang dibuang sembarangan telah menyumbat sungai dan saluran air adalah sebagai faktor yang dapat memperparah banjir di Ibukota Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum memperkirakan banjir kali ini telah merusak struktur jalan dan jembatan, namun berapa banyak jembatan dan jalan yang rusak belum terdata.

Untuk menangani masalah banjir tidak cukup hanya dengan membersihkan sampah maupun pembangunan kanal-kanal air. Tetapi  pembenahan dari hulu  yakni ketegasan hukum terhadap pelanggar tata kota serta sanksi yang tegas bagi yang melanggar perijinan maupun yang memberi ijin seharusnya menjadi langkah awal.

Menurut Menteri PU, saat ini departemennya tengah merancang peraturan baru mengenai perijinan dan tata laksana pembangunan dan peraturan yang tengah digodok tersebut membuat sanksi yang lebih tegas bagi pelanggarnya.

Sumber:

http://www.indosiar.com/fokus/58644/menteri-pu–pelanggar-tata-kota-akan-ditindak

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: