Skip to content

Albert Frederik Aalbers

August 4, 2013

Image

Albert Frederik Aalbers yang lahir di Rotterdam13 Desember 1897 adalah seorang arsitek Belanda, yang aktif berkarya di Belanda dan Hindia-Belanda.

Sejak tinggal di Hindia-Belanda dari tahun 1928, ia sukses sebagai arsitek. Bersama dengan Henri Maclaine Pont dan Charles P. Wolff Schoemaker (Aalbers memulai kariernya dari biro arsitektur milik Schoemaker), ia termasuk dalam 3 arsitek besar di Hindia-Belanda. Karya-karyanya berupa vila, hotel, teater, dan bangunan kantor yang elegan dan modern di Bandung yang dibangun setelah tahun 1930 memancarkan aura kontemporer. Sebagai teknisi inovatif, ia berusaha mencari solusi masalah teknis secara tak ortodoks dan awalnya bereksperimen dengan bangunan sistem. Ia memasukkan unsur Indonesia asli ke dalam karya-karyanya dan ia terilhami oleh Frank Lloyd Wright.

Image

Salah satu karya terkenalnya di Bandung adalah gedung Bank DENIS (sekarang Bank Jabar Banten) yang dibangun tahun 1936 serta Hotel Savoy Homann yang dibangun pada tahun 1940, yang diilhami dari garis arus samudera. Pemerintah Indonesia mempertimbangkan untuk mendaftarkan bangunan-bangunan ini ke Situs Warisan Dunia UNESCO. Kulit luar bangunan-bangunan tersebut dilestarikan dengan baik, sementara bagian dalamnya dimodifikasi dan dimodernisasi serta tetap berfungsi sama.

Perang Dunia II mengakhiri kesuksesan Aalbers sebagai arsitek. Setelah perang berakhir, ia kembali ke Belanda dan cukup sukses meskipun tidak terkenal. Masa-masa pendudukan Jepang telah banyak memengaruhi kesehatannya dan ia meninggal 18 tahun setelah kembali ke Belanda.

 Image

Gedung DENIS

Gedung DENIS yang terletak di Bragaweg (Jl.Braga) bagian selatan dibangun antara tahun 1935-1936 dengan gaya arsitektur Modernism (Streamline Art Deco) karya arsitek A.F. Aalbers dan Rijk de Wall.

Gedung Denis yang berlantai 3 memiliki bentuk bangunan yang langka dan unik dan merupakan ciri khas arsitek Aalbers. Unsur horisontal pada fasad yang plastis merupakan tirai penahan sinar matahari yang diinspirasi dari sistem “brise-soleil” karya arsitek ternama Le Corbusier. Terdapat menara yang menjulang tinggi yang diletakan pada sudut perpotongan bidang bangunan. Di dalam menara terdapat lift. Bangunan lain berciri khas arsitek Aalbers yang mirip adalah Hotel Savoy Homann, Tiga villa di Dago « Tiga Lokomotif » dan masih banyak yang bisa kita temui di kota Bandung.

DENIS adalah singkatan dari De Erste Nederlandsche Indische Spaarkas en Hypotheekbank.DENIS adalah bank simpanan dan hipotek pertama yang didirikan di Hindia Belanda (Nederlands Indie) yang juga bergerak dibidang asuransi dengan anak perusahaannya bernama DENIS Insurance Co. Gedung DENIS dari sejak dahulu sampai sekarang setia kepada fungsinya, yaitu merupakan gedung lembaga keuangan. Gedung ini diambil alih Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat pada tahun 1960-an dan sekarang menjadi Bank Jawa Barat-BJB.

sumber:

http://historicalofbuilding.blogspot.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: